Selasa, 05 Januari 2010

Disiplin Masih Sebatas Impian!

Nampaknya, penegakan disiplin masih akan menjadi kendala internal yang menghambat implementasi tahun 2010 sebagai tahun pengawasan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada saat memberikan sambutan pembukaan Gelar Pengawasan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2009, 31 Desember 2009, Gubernur Syahrul Yasin Limpo mencanangkan 2010 sebagai Tahun Pengawasan di provinsi ini.

Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan sebagai institusi pengawasan, tentu menjadi ujung tombak program ini, bahkan Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan, Azikin Solthan menjadikan Tahun Pengawasan 2010 sebagai salah satu misi yang harus di sukseskan.

Salah satu hal yang menjadi kata kunci bagi aparat inspektorat dalam mensukseskan program ini adalah disiplin, "Disiplin adalah kesesuaian antara tindakan dan peraturan" demikian amanah yang selalu didengungkan Azikin di hadapan stafnya.

Tapi apa lacur, ternyata pelaksanaan disiplin ini memang mudah dikatakan tetapi sangat sulit di wujudkan. Hal ini kembali terbukti pada pelaksanaan apel pagi hari ini.

Jumlah aparat Inspektorat yang mengikuti pelaksanaan apel pagi hari ini tidak mencapai 50 % dari jumlah PNS Inspektorat. Hal ini sungguh menggelitik kesadaran kita semua sebagai aparat pengawas, bagaimana mau menegakkan disiplin pada instansi lain kalau di instansi sendiri bermasalah?

Padahal, senin 4 Januari 2010 kemarin, dalam sebuah pertemuan bersama aparatnya, Azikin Sholtan kembali menegaskan, "disiplin dimulai dari apel pagi!" tapi nyatanya? Bahkan akan ada punish bagi yang tidak disiplin, tapi ternyata itu belum mempan.

Nampaknya dibutuhkan sebuah langkah yang lebih tegas dalam mengatasi masalah ini apabila pencanangan 2010 sebagai Tahun Pengawasan mau disukseskan. Salah satunya ya, dengan disiplin yang dimuali dari diri sendiri. Semoga!

0 komentar: