Selasa, 01 Desember 2009

Workshop Penyusunan LPPD

MAKASSAR-- Bertempat di Morante Room Hotel Singgasana, Biro Pemerintahan Daerah Setda Prov Sulsel melaksanakan Workshop Penyusunan LPPD dalam rangka EKPPD yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh Pemerintah Kab/Kota se-Sulawesi Selatan serta SKPD di lingkup Pemprov. Sulawesi Selatan.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Senin s.d Selasa, 30 Nopember s.d 01 Desember 2009tersebut dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Ir. H. Amal Natsir mewakili Sekretaris Daerah Prov. Sulawesi Selatan.

Adapun tujuan dilaksanakannya acara ini adalah sebagai upaya pembinaan, pengkoordinasian dan supervisi dari urusan penyelenggaraaan Pemerintahan di daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan yang meliputi pelaksanaan, dan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akurat dan akuntabel.

Hari pertama workshop diisi tentang Kebijakan Pemerintah dalam rangka EKPPD oleh Bapak Bonar, pemateri dari Irjen Depdagri, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Hasil Evaluasi LPPD Prov. Sulsel Tahun 2007 dalam rangka EKPPD oleh Kepala Biro Pemerintahan Daerah yang diwakili oleh Bapak Munajat, M.Si.

Hari kedua workshop diisi dengan materi Teknik penyusunan dan pengolahan data LPPD dalam rangka EKPPD oleh Iskandar Novianto, Ak., M.Si dari BPKP Pusat. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Hasil Evaluasi LPPD Kab./Kota Tahun 2007 oleh Inspektur Provinsi Sulsel yang diwakili oleh Bapak Abidin Sabang, SE yang saat ini menjabat sebagai inspektur Wilayah IV pada Inspektorat Prov. Sulsel.

Dari pemaparan Abidin, berdasarkan hasil evaluasi tim daerah LPPD Kab./Kota Tahun 2007 terungkap Daftar peringkat kinerja untuk pemerintah kota lingkup Sulsel sebagai berikut:
a. Kota Parepare nilai 3,084 dengan prestasi SANGAT TINGGI
b. Kota Palopo nilai 3,018 dengan prestasi SANGAT TINGGI
c. Kota Makassar nilai 2,570 dengan prestasi TINGGI

Sementara itu, peringkat kinerja untuk pemerintah kabupaten lingkup Sulsel sebagai berikut:
a. Kabupaten Sidrap nilai 3,067 dengan prestasi SANGAT TINGGI
b. Kabupaten Soppeng nilai 3,056 dengan prestasi SANGAT TINGGI
c. Kabupaten Takalar nilai 2,979 dengan prestasi TINGGI

Setelah pemaparan materi, sesi berikutnya diisi dengan Focus group Discussion (FGD) terkait teknik penyusunan dan pengolahan data LPPD. Pada sesi ini, peserta dibagi menjadi lima kelomppok besar dengan melibatkan beberapa unsur BPKP Perwakilan dan inspektorat Provinsi Sulsel sebagai fasilitator diskusi.

Dari Inspektorat Provinsi Sulsel terlihat bapak Ir. Amiruddin, MT., Zulfikar Anwar, SH dan Muh. Yuswan Yasir, SS. sebagai fasilitator. Sementara itu yang bertindak sebagai peserta, Inspektorat Provinsi Sulsel menugaskan Bapak Muhammad Kasman, SE.

Workshop berakhir pada pukul 14.00 siang yang ditutup dengan makan siang bersama bagi seluruh peserta, panitia, fasilitator dan pemateri.

0 komentar: